4 Ciri Gejala Penyakit Kista

4 Ciri Gejala Penyakit Kista | Sebelum kita membahas lebih jauh tentang gejala-gejala penyakit kista, sebaiknya kita membahas terlebih dahulu definisi dan pengertian penyakit kista ini. Kista atau penyakit kista adalah sejenis kelainan yang terjadi akibat pertumbuhan sel secara abnormal (tumor) dan tidak terkontrol. Jenis permasalahan ini biasanya paling sering ditemui menyerang kaum wanita yang telah berumur diatas 25 tahun. Beberapa organ tubuh yang sering diserang oleh penyakit ini adalah ovarium, daerah kemaluan pada wanita dan di daerah vulva (bagian luar alat kelamin perempuan). Sedangkan ciri dari tumor ini biasanaya berbentuk kistik dan berisi cairan kental, (nanah dan beberapa jenis cairan lain).

Tumor kista tergolong kedalam jenis tumor jinak. Berbeda dengan kanker ganas, kumpulan sel-sel tumor itu terpisah sendiri dalam sebuah jaringan yang rapat sehingga tidak mengkontaminasi jaringan tubuh yang ada di sekitarnya. Itulah sebabnya kista tidak begitu berbahaya (dalam kondisi tidak begitu parah) dan digolongkan kedalam penyakit yang mudah disembuhkan. Walau demikian ada juga kondisi-kondisi tertentu Penyakit Kista ini menjadi penyakit yang perlu diwaspadai.

Berdasarkan tingkat perusakannnya penyakit kista terbagi dua, yaitu kista non-neoplastik dan neoplastik. Kista non-neoplastik adalah jenis kista jinak yang dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 hingga 3 bulan pertumbuhannya. Sementara kista neoplastik sendiri adalah jenis kista yang pertumbuhannya cukup cepat, meskipun tidak mengkontiminasi jaringan disekitarnya namun jenis kista ini sebaiknya dioperasi.

Gejala Penyakit Kista
Gejala Kista
Gejala - Gejala Penyakit Kista

Walaupun penyakit ini tergolong penyakit yang tidak begitu membahayakan, namun anda tetap harus waspada dan antisipasi terhadap serangannya. Untuk itu kami akan membagikannya untuk anda tentang gejala - gejala dari penyakit kista ini.

1. Hypogastrium yang tidak nyaman
Ini bisasanya menjadi tanda awal bagi seseorang bahwa dirinya terserang penyakit kista. Kondisi ini terjadi karena ada peristaltis yang mempengaruhi tumor sehingga tumor tersebut mengalami pergeseran, karena kondisi pergeseran inilah biasanya penderita akan merasakan bagian bawah perut nya terangakat.

2. Perut Sering Sakit
Tanda atau gejala yang kedua bahwa anda terserang kista adalah rasa sakit pada perut yang datang secara tiba-tiba. Rasa sakit ini bisanya oleh beberapa faktor, mulai dari pergeseran tumor, pemecahan atau bisa juga karena ada organ lain pada tubuh tertekan karena perkembangan tumor yang terus membesar.

3. Sulit bernafas dan Lemas
Ketika kista ovarium mengalami perkembangan pada tingkat tertentu, maka dapat menyebabkan penekanan pada diafragma penderita, hal ini menyebabkan penderita sulit bernafas, papilasi, dan lemas. Tidak itu saja, jika tumor menekan daerah pada pembuluh darah maka dapat mengakibatkan hal yang sangat fatal.

4. Gangguan pada Haid
Biasanya letak kista ovarium tidak menghancurkan seluruh jaringan ovarium yang ada, hanya saja hal itu menyebabkan kondisi haid (mentruasi) menjadi terganggu. Gangguan pada haid ini ada bermacam-macam variasi, mulai dari rasa sakit dan bau yang tidak biasa, darah keluar terlalu banyak atau perubahan pada warna darah.

Demikianlah artikel kesehatan kali ini tentang “Gejala-Gejala Penyakit Kista”. Walaupun jenis penyakit ini tidak tergolong kedalam jenis penyakit yang membahayakan, namun anda tetap harus waspada terhadap serangannya. Untuk itu jika anda atau ada kenalan anda yang mengalami gejala - gejala diatas sebaiknya segerah datang kedokter untuk mendapatkan penanganan dari permasalahan yang anda hadapi. Karena bagaimanapun, pengobatan awal akan lebih baik daripada menunggu tumor berkembang menjadi lebih besar. Sekian terimakasih.

Artikel Ciri Gejala Penyakit Lainnya :

Scroll to top