6 Ciri Gejala Penyakit Ginjal

Gejala penyakit ginjal | Gagal Ginjal | Sebelum jauh membahas tentang gejala-gejala penyakit ginjal, mari kita bahas terlebih dahulu tentang ginjal itu sendiri. Ginjal atau dalam bahasa ilmiahnya disebut “Ren” adalah organ ekskresi pada manusia. Organ vital yang bentuknya mirip kacang ini terletak di dibelakang perut (abdomen) tepatnya di kanan dan kiri tulang belakang. Tugas utama ginjal adalah menyaring kotoran, serabut mirip rambut halus pada bagian ginjal bertugas memerangkap kotoran pada darah yang kemudian dikeluarkan bersama urin.

Normalnya, ginjal memiliki ukuran 11 cm dan ketebalan 5 cm serta berat sekitar 150 gram. Darah manusia melewati ginjal sebanyak 350 kali setiap hari dengan kecepatan sekitar 1,2 liter per menit, siklus ini kemudian menghasilkan 125 cc fitrat glomerular per menitnya. Laju glomerular inilah yang sering dipakai untuk melakukan tes terhadap fungsi ginjal.

Karena tugas ginjal yang cukup berat, tak jarang ginjal mengalami masalah dan gangguan. Gagal ginjal (Batu ginjal) atau akrab disebut penyakit Ginjal adalah suatu kondisi dimana organ ginjal mengalami penurunan fungsi, hingga tidak mampu bekerja secara maksimal untuk menyaring darah dan membuang elektrolit (racun) pada tubuh, akhirnya tubuh menjadi rentan dan mudah terserang berbagai macam penyakit.

Gejala Penyakit Ginjal
Karena ginjal terletak di bagian dalam tubuh, tentunya agak sedikit sulit mengetahui gejala gangguan ginjal secara kasat mata, namun anda bisa meneliti beberapa perubahan karakteristik pada tubuh anda, Untuk lebih lengkapnya mari kita simak pembahasan tentang gejala-gejala penyakitn ginjal dibawah ini.

Gejala-gejala penyakit ginjal | Gagal Ginjal;

1. Sering mual dan muntah
Terganggunya sistem metabolisme tubuh yang disebabkan tidak sempurnanya penyaringan darah membuat anda sering mual dan mutah, jika anda mengalami hal ini secara berkepanjangan sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.

2. Sering mengeluhkan rasa sakit pada pinggang
Karena posisi ginjal pada bawah perut dekat pinggang, maka saat ginjal anda bermasalah pinggang akan merasa nyeri dan sakit. Cobalah untuk Check-Up ke dokter anda jika nyeri pada pinggang tak kunjung sembuh dalam masa 2 minggu.

3. Terjadinya pembengkakan pada kaki dan mata
Banyaknya timbunan elektrolit pada tubuh membuat sistem ekresi tidak bekerja secara sempurna, akibatnya terjadi pula penimbunan zat-zat kimia dan enzim pada beberapa anggota tubuh. Biasanya pada kasus gagal, ginjal anggota tubuh yang sering membengkak adalah kaki dan mata.

4. Demam tinggi
Demam merupakan bentuk penyesuaian tubuh pada saat sistem imun melawat virus dan bakteri. Pada kasus gagal ginjal, demam tinggi terjadi karena banyaknya elekrolit yang tertimbun pada tubuh, sehingga sistem imun bekerja ekstra untuk menetralkan zat-zat yang membahayakan tersebut.

5. Nyeri dan sakit pada saat kencing
Nyeri pada saat kencing terjadi karena terjadi pengendapan mineral di ginjal. Nyeri juga biasanya terjadi pada bagian diantara tulang rusuk dan tulang pinggang menjalar ke perut, kelamin, dan daerah paha bagian dalam. Dimulai dari kram yang kemudian berlanjut ke rasa nyeri lebih parah, rasa nyeri ini dapat berlangsung selama beberapa jam.

6. Kencing di sertai darah
Kencing normalnya berwarna kuning, namun jika air kencing anda agak kemerah-merahan dan sakit, itu pertanda batu ginjal anda sudah dalam tahap waspada. Batu ginjal yang sudah membesar dapat melukai ginjal dan saluran kemih, akibatnya akan terasa sakit dan urin anda akan berwarna kemerah-merahan.

Demikian informasi kesehatan tentang “Gejala-gejala penyakit ginjal”, yang telah kami bagikan, jika anda atau keluarga ada yang mengalami gejala-gejala diatas sangat dianjurkan untuk segera mengkonsultasikannya dengan ahlinya, dalam hal ini yaitu dokter, karna bagaimanapun mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Artikel Ciri Gejala Penyakit Lainnya :

Scroll to top