6 Ciri Gejala Penyakit Tipes

Gejala Penyakit Tipes | Penyakit tipes atau tipus adalah penyakit yang disebabkan oleh Bakteri Salmonella, bakteri ini bisanya menyerang daerah pencernaan, termasuk lambung dan usus. Penyakit tipes termasuk penyakit menular yang cukup berbahaya, biasanya penderita tipes akan terserang diare yang berkepanjangan, jika tidak segera diobati, penyakit ini bisa menyebabkan dehedrasi dan usus bocor yang kemudian berakibat kepada kematian.

Salmonella sendiri merupakan suatu genus bakteri enterobakteria gram-negatif yang bentuknya mirip tongkat. Spesies Salmonella merupakan salah satu spesies ter-aktif dalam hal berpindah tempat, spesies ini dapat bergerak bebas dan menghasilkan hidrogen sulfida, hal inilah yang membuat penyakit tipes mudah menular.

Gejala Penyakit Tipes
Selain aktif, bakteri Salmonella juga mempunyai daya adapasi yang cukup baik. Bakteri ini dapat dengan mudah kita temui di tanah, air, makanan mentah, dan kotoran hewan, termasuk pada hewan reptil seperti kura-kura dan ular. Jika saja bakteri itu masuk ke dalam kulit atau terkontaminasi ke dalam air dan makanan Anda, bukan tidak mungkin akan juga akan terserang tipes.

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang rentan terhadap virus Salmonella yang dapat menyebabkan tipes.

1. Daging Setengah Matang
Daging mentah sangat rentan terhadap bakteri E coli, Salmonella dan Campylobacter, apalagi jika kebersihannya tidak diperhatikan. Apabila anda memasak daging dan membiarkannya setengah matang, maka Salmonella akan sangat mudah menginfeksi tubuh dan menyerang sistem imun anda.

2. Telur
Telur menjadi sarang yang aman bagi Salmonella untuk bermukim dan berkembang biak, alasannya karena telur mengandung protein kompleks dan cangkang sebagai pelindung dari gangguan luar. Bakteri Salmonella biasanya masuk ke sel telur induk ayam karena lingkungan (kandang) ayam yang tidak bersih.

3. Es krim
Susu sapi sebagai bahan utama Es krim yang tersimpan dalam waktu lama membuat susu sapi tersebut tidak lagi higenis. Hal ini tentunya membuat bakteri Salmonella sangat mudah mengkontiminasi. Selain itu pada Es Krim sering dijumpai bakteri Listeria yang biasanya ditemukan secara tersembunyi pada mesin es krim yang jarang di bersihkan.

4. Keju
Keju merupakan hasil fermentasi dari susu. Hasil fermentasi yang sempurna akan menghasilkan bakteri baik yang cukup berperan penting dalam proses pencernaan makanan di usus. Namun jika fermentasinya kurang sempurna, bisa jadi bakteri yang dihasilkan adalah Salmonella.

Nah, setelah kita mengetahui beberapa jenis bahan makanan yang rentan perserang bakteri Salmonella (penyebab penyakit Tipes), sekarang saatnya kita membahas gejala-gejala penyakit Tipes itu sendiri.

Gejala Penyakit Tipes:

Berikut adalah beberapa gejala yang sering dijumpai pada penderita tipes, diantaranya:
  • Demam tinggi
  • Biasanya gejala penyakit tipes ditandai dengan demam tinggi antara 39 derajat sampai 40 derajat celcius pada waktu malam, namun pada pagi dan siang hari demam menurun dan kembali demam tinggi menjelang malam hari, demam ini biasanya terjadi sekitar 3 minggu.
  • Berat badan menurun drastis
  • Pendrita Tipes biasanya mengalami rasa pahit pada lidah, peradangan tenggorokan, bibir pecah-pecah dan kering, hal ini meyebabkan hilangnya nafsu makan, sehingga berat badan penderita juga akan menurun drastis.
  • Otot terasa nyeri
  • Ini merupakan reaksi tubuh ketika sistem metabolisme tidak berfungsi secara sempurna, hal ini juga dapat menyebabkan rasa nyeri hebat pada otot-otot persendian dan kepala.
  • Tubuh menggigil
  • Pada malam hari suhu penderita tipes biasanya akan mengalami peningkatan yang sangat signifikan, namun penderita akan merasakan hal berbeda, dimana ia akan merasa kedinginan dan bahkan menggigil.
  • Sakit perut dan Diare
  • Serangan Salmonella pada sistem pencernaan dan pembengkakan limfa membuat penderita tipes merasa ada yang tidak beres pada perut mereka. Rasa nyeri dan sakit adalah hal yang sering dirasakan oleh orang-orang ini. Selain itu, mual, muntah dan diare merupakan ciri paling umum bagi seseorang yang terserang tipes.
  • Bercak merah disekitar perut dan dada
  • Ciri lainnya ketika seseorang terserang tipes adalah timbulnya bercak merah pada bagian perut dan dada. Jika ini terjadi maka tipes sudah menglami stadium lanjut, jika tipes dalam kondisi ini tidak cepat mendapat pertolongan, maka dapat menyebabkan usus bocor yang berakibat sangat fatal bagi keselamatan penderita.
Demikian informasi kesehatan kali ini yang berjudul “Gejala-gejala penyakit Tipes”, jika anda atau keluarga anda ada yang mengalami gejala-gejala diatas sebaiknya segera bawa penderita ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut. Semoga brmanfaat.

Artikel Ciri Gejala Penyakit Lainnya :

Scroll to top