10 Ciri Gejala Penyakit Anemia

10 Ciri Gejala Penyakit Anemia | Sebelum kita membahas tentang gejala penyakit anema, mari kita bahas terlebih dahulu pengertian dari penyakit ini. Penyakit anemia atau akrab dikenal dengan sebutan kurang darah adalah suatu kondisi (permasalahan) yang disebabkan oleh rendahnya kadar hemoglobin dalam darah, penyebabnya karena kurangnya zat besi yang dikosumsi oleh sipenderita.

Hemoglobin sendiri adalah sejenis zat metaloprotein (protein) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai media pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, jika hemoglobin dalam darah tidak normal tentunya akan berdampak bagi kesehatan organ tubuh lainnya, karena organ-organ tersebut tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup untuk beraktivitas.

Gejala Anemea
Gejala Penyakit Anemea
Berikut gejala-gejala umum Penyakit Anemia yang sering di alami oleh penderita Animea.

1. Kelopak mata berwarna pucat
Gejala penyakit animea pertama yang sangat mudah untuk dideteksi adalah bentuk kelopak mata yang bewarna pucat pasi. Jika anda mengalami gejala ini berkepanjangan, sebaiknya segeralah mengkonsultasikan masalah ini kepada dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

2. Sering Kelelahan
Gejala penyakit animea yang kedua dan umum di alami oleh penderita animea adalah sering merasa kelelahan. Seperti yang kita ketahui pasokan energi tubuh sangat bergantung pada oksidasi dan sel darah merah, Semakin rendah sel darah merah (hemoglobin) yang mengangkut oksigen keseluruh tubuh, maka tingkat oksidasi dalam tubuh ikut berkurang sehingga penderita akan sering merasakan kelelahan.

3. Mual dan Muntah
Gejala penyakit animea selanjutnya adalah Mual dan Muntah. Biasanya penderita anemia seringkali mengalami rasa (gejala) yang disebut “morning sickness”, rasa ini menyebabkan penderita merasa mual dan bahkan muntah setelah mereka bangun dari tempat tidur.

4. Pucat
Ciri lainnya dari penderita anemea adalah pucat. Akan sangat kentara jika kulit penderita berwarna putih, biasanya akan tanpak kekuning-kuningan. penyebabnya karena sel kulit tidak mendapatkan makanan yang cukup untuk beraktivitas.

5. Sesak napas
Sesak nafas merupakan salah satu gejala animea berikutnya. Menurut para dokter, hal ini dipicu oleh tidak normalnya sistem kinerja paru-paru karena kurangnya makanan yang diterima akibat hemoglabin tidak bekerja secara sempurna.

6. Sakit kepala `
Gejala selanjutnya dari penderita animea adalah sakit kepala yang berkepanjangan. Kurangnaya zat hemoglobin yang bertugas membawa oksigen ke otak membuat otak tidak dapat bekerja secara maksimal, hal ini sering menyebabkan pusing dan sakit kepala yang menyiksa.

7. Palpitasi
Palpitasi adalah istilah kedokteran untuk denyut jantung tidak teratur, terlalu kuat atau memiliki kecepatan abnormal. Ketika tubuh mengalami kekurangan oksigen, jantung akan mencoba beradaptasi dengan cara mempercepat denyut, sehingga terjadilah Palpitasi.

8. Ketika ditekan ujung jari berwarna pucat
Umumnya jika ujung jari ditekan maka akan membuat ujung jari tersebut bewarna merah, namun pada kasus penderita animea, ujung jari yang ditekan malah akan bewarna putih atau pucat pasi. Hal ini menandakan bahwa sel darah merah mengalami permasalhan.

9. Rambut rontok
Masih karena pengaruh hemoglabin, ketika kulit kepala tidak mendapatkan makanan yang cukup dari tubuh, maka dapat mengalami permasalahan pada rambut, sehingga menyebabkan rontok/ pembotakan.

10. Penurunan kekebalan tubuh
Satu lagi danpak dari kurangnya oksigen yang diterima oleh organ-organ tubuh menyebabkan tubuh hanya mendapatkan energi yang sedikit, kekebalan (imun) atau kemampuan tubuh untuk melawan penyakitpun ikut menurun. Akibatnya anda akan menjadi sangat entan terserang penyakit lain.

Demikianlah artikel kesehatan kali ini yang berjudul “Gejala Penyakit Anemia”, sangat disarankan untuk segera mengkonsultasikan ke dokter jika anda atau keluarga anda ada yang mengalami gejala-gejala diatas guna mengantisipasi hal-hal buru yang tidak diinginkan. Sekian terimakasih.

Artikel Ciri Gejala Penyakit Lainnya :

Scroll to top