7 Ciri Gejala Penyakit TBC

7 Ciri Gejala Gejala Penyakit TBC | Penyakit Tuberculosis atau akrab disebut TBC adalah salah satu jenis penyakit menular yang mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi Mycobacterium Tuberculosis yaitu sejenis mikrobakteria biasanya menyerang paru-paru.

Menurut data dari BKKBN, kasus TBC di Indonesia terus mengalami peningkatan pada setiap tahunnya. Dari survei prevalensi TBC yang dilakukan di enam propinsi pada tahun 2003-2008, menunjukkan prevalensi TBC di Indonesia berkisar antara 0,3 – 0,8%, dan beberapa laporan yang ada, dari 100 orang yang terserang penyakit ini 30-40 diantaranya meninggl dunia. Ini menempatkan penyakit TBC sebagai penyakit pembunuh nomor empat setelah hipertensi (gagal jantung/ stroke), kanker dan diabetes.

Penyebab Penyakit TBC

Seperti yang telah disebutkan diatas, penyebab Penyakit TBC adalah infeksi dari bakteri yang disebut Mycobacterium Tuberculosis. Biasanya bakteri ini menyerang daerah sistem pernafasan manusia (paru-paru), namun tak jarang juga menyerang organ-organ tubuh lainnya seperti kelenjar getah bening, ginjal, usus, tulang, janin (bagi ibu hamil) dan bahkan otak. 

Mycobacterium Tuberculosis adalah jenis bakteri yang termasuk dalam golongan bakteri aktif, ini menyebabkan penyakit TBC menjadi jenis penyakit yang mudah menular, media penularan dari penyakit ini diantaranya udara, cairan (air liur, dahak dan ingus) dan benda-benda yang terkena kontak langsung dengan penderita (gelas, sapu tangan, handuk dsb). Perlu diketahui bahwa bakteri TBC lebih mudah menyerang orang-orang yang mengalami kekurangan gizi dan daya imun tubuh yang buruk. Resko TBC juga bisa lebih tinggi bagii orang-orang yang tinggal di lingkungan dengan udara buruk yang mengandung banyak bakteri Mycobacterium Tuberculosis

gejala penyakit TBC
Gejala TBC
Nah karena penyakit TBC ini sangat berbahaya, tentuya anda dituntut untuk selalu waspada terhadap serangan penyakit ini. Sayangnya pengetahuan masyarakat tentang TBC masih sangat minim sehingga masih banyak diantara meraka yang tidak menyadari bahwa mereka sedang terserang penyakit ini. Baru saja setelah mengalami stadium lanjut mereka melakukan pengobatan dan itu tentunya meningkatkan resiko kematian pada diri mereka sendiri. Nah agar anda lebih memahami penyakit ini, selahkan simak pembahasan tentang “Gejala-gejala Penyakit TBC” berikut.

Ciri-ciri dan Gejala Penyakit TBC
1. Demam lebih dari sebulan
Awal dari infeksi TBC biasanya ditandai dengan demam (ringan) yang menyerang korban dalam jangka waktu yang sangat lama, sebenarnya ini adalah bentuk reaksi tubuh yang alami dimana sistem imun mencoba melawat benda dari luar tubuh yang tidak dikenal. Jika anda mengalami kondisi ini alangkah baiknya memeriksakan diri kedokter agar

2. Lemah dan Lesu
Setelah demam menyerang tubuh hingga beberapa waktu lamanya, maka sistem tubuh akan mengalami penurunan, inilah yang menyebabkan kondisi lemah dan lesu pada penderita. Selain itu, kurangnya nafsu makan (akibat demam) juga menjadi faktor utama tubuh tidak mendapatkan energi untuk beraktivitas.

3. Berat Badan Turun Drastis
Ini merupakan dampak lain dari berkurangnya nafsu makan dan daya tahan tubuh yang melemah. Ketika penderita TBC tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup ditambah beberapa penyakit lain mulai menyerang (akibat imun mekemah) maka berat badan sependerita akan mengalami penurunan. Agar tidak membawa dampak yang lebih serius sebaiknya sipenderita sebisa mungkin untuk makan dan mendapat asupan gizi yang cukup.

4. Sesak Napas dan Nyeri Dada.
Sesak napas dan nyeri pada bagian dada adalah tanda awal bahwa TBC telah memasuki stadium lanjut. Biasanya nyeri pada dada terjadi pada saat penderita bersin atau batuk, namun bisa juga pada saat penderita berbicara. Pada kondisi ini infeksi yang dilakukan bakteri Mycobacterium Tuberculosis telah berhasil membuat tukak pada pada dinding paru-paru sipenderita

5. Batuk berdarah
Biasanya setelah mengalami sesak nafas berpanjangan, penderita TBC akan mengalami gejala batuk berdahak dan berdarah. Pada kondisi ini bakteri TBC telah berhasil membuat luka pada paru-paru manusia. Nah jika anda mengalami tanda-tanda ini sebaiknya segera merujuk diri ke rumah sakit terdekat guna mendapatkan pertolongan lebih lanjut oleh tim medis.

7. Urin Merah dan Keruh
Ini adalah gejala tahap lanjut yang menandakan bahwa bakteri TBC telah menginfeksi lebih dari satu organ pada tubuh si penderita. Beberapa organ yang telah diserang TBC pada tahap ini diantaranya ginjal, usus dan rahim (bagi wanita). Jika anda sudah berada pada tahap ini satu- satunya solusi terbaik adalah dengan melalukan perawatan intensif dirumah sakit.

Demikianlah postingan kali ini yang berjudul “Gejala-gejala penyakit TBC”. Jika anda atau keluarga anda ada yang mengalami gejala-gejala diatas, sebaknya segeralah mengkonsultasikannya kedokter agar permasalahan anda tidak larut kedalam resiko yang lebih besar, semoga bermanfaat.

Artikel Ciri Gejala Penyakit Lainnya :

Scroll to top