8 Ciri Gejala Penyakit Jantung

Gejala penyakit jantung | Penyakit jantung atau lebih tepatnya gagal jantung merupakan sebuah kondisi dimana jantung tidak dapat berfungsi atau bekerja secara maksimal. Penyebab gagal jantung bervariasi, namun biasanya terjadi karena terhambatnya suplai darah yang membawa oksigen ke otot-otot jantung, sehingga sel-sel pada otot jantung tidak dapat berfungsi atau bahkan mati.

Penyakit merupakan pembunuh nomor satu didunia, dan tentunya menjadi momok yang sangat menakutkan bagi semua orang, jangka masa paling lama bertahannya seseorang setelah terkena serangan jantung dahsyat hanya sekitar 60 menit, jika lebih dari itu tidak mendapatkan pertolongan yang tepat maka akan menyebabkan kematian.

Gejala Penyakit Jantung
Penyakit jantung merupakan penyakit yang ciri-cirinya sulit untuk dilihat secara kasat mata, namun anda bisa mengenali gejala-gejala awal petanda jantung anda bermasalah. Tentunya anda penasarn bukan dengan gejala-gejala tersebut?, yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Gejala-gejala penyakit jantung.

1. Nyeri di sekitar dada
Nyeri di bagian dada merupakan tanda paling umum saat jantung mengalami masalah. Biasanya nyeri terjadi pada dada bagian kiri, tempat dimana jantung anda terletak. Rasa nyeri didada terjadi karena pada saat jantung kekurangan oksigen ia menggunakan energi alternatif yang disebut “”, untuk memompa darah, penggunaan energi ini mengakibatkan panas yang terasa nyeri pada daerah dada.

2. Kelelahan
Kelelahan setelah melakukan aktivitas ekstra merupakan hal yang lumrah, tapi bagaimana jika hanya beraktivitas ringan atau bahkan tidak beraktivitas sama sekali dan anda mengalami kelelahan?, ya bisa jadi itu adalah peringatan bagi anda bahwa ada yang tidak beres dengan jantung. Jika anda mengalami hal ini sebaiknya cepat berkonsultasi dengan dokter.

3. Berkeringat
Biasanya keringat muncul setelah melakukan olahraga ataupun beraktivias berat, namun jika anda berkeringat pada saat duduk diam di rumah atau bahkan pada saat tidur sebaiknya anda patut curiga, mungkin jantung anda bermasalah sehingga merangsang metabolisme tubuh untuk bekerja diluar kebiasaan.

4. Denyut jantung tidak teratur
Gejala lain yang menjadi pertanda bahwa jantung anda mengalami masalah adalah denyut jantung yang tidak teratur, kurangnya pasokan udara yang diterima jantung mengakibatkan penebalan sebagian otot pada katup jantung, hal ini membuat jantung anda berdetak tidak stabil.

5. Cemas yang berlebih
Para doker berpendapat bahwa detak jantung yang tidak teratur membuat beberapa hormon tidak bekerja dengan baik, hal ini mengakibatkan perasaan cemas pada seseorang. Walaupun dalam situasi yang baik-baik saja, orang yang mengalami permasalahan pada kesehatan jantung akan merasakan perasaan cemas yang berlebih.

6. Nyeri dibeberapa anggota tubuh
Pada saat mengalami permasalahan pada jantung, ternyata rasa nyeri tidak hanya terasa pada bagian dada saja. Nyeri bisa terjadi dibeberapa anggoota tubuh lain, seperti lengan sebelah kiri, punggung siku, dan leher. Nyeri di sebagian titik tubuh ini dikarenakan adanya penyumbatan arteri.

7. Sesak napas
Gejala awal penyakit jantung lainnya adalah sesak napas. Sesak nafas terjadi karena penebalan pembuluh darah yang menghalangi pasokan darah ke seluruh tubuh, termasuk ke paru-paru. Inilah yang kemudian membuat paru-paru tidak bekerja efesien yang kemudian mengakibatkan anda sulit bernafas.

8. Pembengkakan
Gejala ini merupakan gejala tingkat lanjut, artinya pada tahap ini jantung anda sudah dalam kondisi dimana sangat perlu mendapatkan perhatian lebih. Pembengkakan terjadi karena aliran darah yang tidak sempurna, hal ini menyebabkan terganggunya sistem metabolisme, penumpukan enzim dan air dalam tubuh mengakibatkan pembengkakan, dan biasanya yang paling umum terjadi adalah pembengkakan pada daerah pergelangan kaki.

Demikianlah informasi tentang “Gejala-gejala penyakit jantung” yang telah kami posting, jika anda atau keluarga anda ada yang mengalami gejala-gejala diatas, maka sangat dianjurkan untuk segera mengkonsutasikannya kepada dokter, akan lebih baik periksa kesehatan anda dan tahu bahwa anda baik-baik saja, dibanding anda duduk dirumah menebak-nebak penyakit yang anda derita, semoga bermanfaat.

Artikel Ciri Gejala Penyakit Lainnya :

Scroll to top