4 Ciri Gejala Penyakit Herpes

4 Ciri Gejala Penyakit Herpes | Herpes adalah sebuah permasalahan yang tejadi pada kulit yang disebabkan oleh virus. Menurut jenisnya, penyakit ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu herpes zoster (penyakit herpes yang menyerang kulit biasa). Dan herpes genitalis (penyakit herpes yang menyerang bagian alat kelamin/ kemaluan). Untuk herpes genitalis, banyak orang beranggapan bahwa penyakit ini terjadi karena pola seks yang tidak benar, namun anggapan tersebut ternyata tidak benar, karena menurut sebuah penelitian, penyakit herpes (baik zoster maupun genitalis) murni disebabkan oleh infeksi virus.

Jenis-Jenis Penyakit Herpes
Seperti yang telah disinggung diatas, penyakit harpes ini dibagi menjadi 2 macam, yaitu penyakit herpes zoster dan penyakit herpes genitali, Agar pembahasan tentang 2 macam penyakit ini lebih jelas, mari kita uraikan satu-persatu:

Herpes zoster
Ini adalah Jenis penyakit Herpes yang paling banyak terjadi, penyebab utama dari penyakit ini adalah infeksi dari virus yang bernama Varicella Zoster. Jika dilihat secara sepintas, penyakit ini terlihat mirip seperti cacar air, hanya saja apabila gelembung-gelembung berair pada kulit yang berwarna merah kecoklatan pecah, akan menyebabkan infeksi baru pada kulit lainnya (menular).

Gejala Penyakit Herpes
Gejala Penyakit Herpes
Herpes genitalis
Berbeda dengan herpes zoster, herpes genitalis disebabkan oleh infeksi virus yang bernama “Herpes Simpleks”, virus HS ini umumnya menyerang daerah organ seksual laki-laki dan wanita. Virus HS merupakan virus yang sulit untuk dimatikan, sehingga tak jarang jika seseorang telah terserang penyakit ini akan kambuh lagi dalam beberapa waktu kedepan.

Gejala-Gejala Penyakit Herpes
Walaupun virus yang menginfeksi berbeda, namun secara umum gejala-gejala penyakit herves terlihat sama saja, dan diantara gejala gejala tersebut adalah:

1. Ruam dan Gatal Pada Kulit
Ini merupakan gejala paling awal yang dirasakan penderita pada saat virus harpes mulai menginfeksi. Pada saat virus menyerang kulit maka sekitar kulit tersebut akan mengalami iritasi yang kemudian mengakibatkan munculnya ruam dan gatal. Nah pada saat seperti ini, kondisi imun tubuh dan kebersihan sangat menentukan sekali terhadap perkembangan virus ini, jika daya imun anda baik dan kebersihan kulit terjaga maka virus tidak akan sampai menjadi Harpes, namun jika sebaliknya maka anda pun akan terkena harpes.

2. Gelembung air
Jika virus telah berhasil menginveksi kulit, maka gejala selanjutnya yang muncul adalah gelembung-gelembung air (seperti kondisi melepuh) pada kulit. Gelembung-gelembung ini umumnya terasa gatal, namun ada juga terasa panas dan perih. Nah untuk mengurangi tingkat penularan, sebaiknya anda tidak menggaruk daerah yang gatal ini sehingga mengakibatkan gelembung-gelembung tersebut pecah dan menyabarkan cairannya kekulit yang lain.

3. Luka ”Lesi” dan Kudis
Gejala herpes selanjutnya adalah luka-luka (Lesi) dan kudis. Lesi klasik penyakit ini biasanya mirip dengan benjolan atau lepuh kecil yang akhirnya ditutup dengan lapisan keras dan terlihat seperti luka terpotong. Sedangkan kudisnya sendiri muncul ketika ada beberapa luka lesi yang saling mengumpul dan dan membentuk luka besar. Umumnya luka-luka ini membutuhkan waktu dua sampai empat minggu untuk kembali sembuh.

4. Meriang dan Nyeri sendi
Hanya beberapa kondisi harpes yang dapat mengakibatkan gejala ini. Biasanya pada saat virus menyerang organ tubuh (baik kulit/ organ lainnya) daya tahan tubuh (imun) akan bereaksi melawan virus-virus tersebut. Nah pada saat zat antibody ini bereaksi biasanya tubuh akan mengalami kondisi nyeri pada daerah persendian dan meriang (demam).

Nah, demikian pembahasan kali ini tantang “Gejala-gejala penyakit harpes", jika anda atau ada keluarga anda yang mengalami kondisi seperti gejala-gejala diatas, alangkah baiknya segera melakukan pengobatan demi mencegah hal-hal yang lebih buruk terjadi. Sedangkan untuk pengobatannya sendiri, jika kondisi herpes masih dalam kondisi ringan, anda cukup membeli obat-obat herpes atau obat kulit yang tersedia di apotik, namun jika harpes sudah dalam kondisi lanjut sebaiknya berkonsultasi saja ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Sekian terimakasih.

Artikel Ciri Gejala Penyakit Lainnya :

Scroll to top