3 Ciri Gejala Penyakit Diabetes

Gejala Penyakit diabetes | Sebelum kita membahas jauh tentang gejala-gejal diabetes, marilah kita bahas terlebih dahulu tentang pengertian diabetes itu sendiri. Diabetes atau lebih akrab disebut penyakit gula (kencing manis) adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak mampu untuk memecah glukosa dan menggunakannya secara efektif. Glukosa sendiri berasal dari karbohidrat yang kita kosumsi setiap hari, glukosa banyak ditemukan dalam makanan seperti nasi, gandum, makanan bergula, buah dan produk susu.

Glukosa sebenarnya zat yang sangat penting bagi tubuh, gunanya untuk untuk menyediakan energi agar tubuh bisa beraktivitas secara normal. Selain itu glukosa juga berfungsi untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak atau mati.

Dalam siklusnya, karbohidrat yang kita kosumsi akan dipecah oleh hormon insulin yang diproduksi pankreas, dari proses inilah kemudian menghasilakan zat yang disebut glukosa. Namun pada kasus penderita diabetes, proses ini mengalami masalah, entah itu karena insulin yang mereka hasilkan tidak mampu untuk memecah karbohidrat, atau tubuh mereka yang memang tidak bisa menghasilkan insulin dalam jumlah yang diperlukan. Ini berarti bahwa penderita diabetes mengalami kesulitan dalam mendapatkan glukosa yang diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan energi.

Gejala Penyakit Diabetes
Ada dua tipe diabetes yang dikenal dalam dunia kesehatan, yang pertama dikenal dengan sebutan “diabetes tipe 1”, dan yang selanjutnya disebut dengan “diabetes tipe 2”. Diabetes tipe 1 disebabkan oleh tidak mampunya tubuh untuk menghasilkan insulin, biasanya hal ini terjadi karena sel yang memproduksi insulin telah hancur (rusak), hancurnya jaringan ini diperkirakan karena infeksi virus atau bakteri yang menyerang pangkreas. Diabetes tipe 1 sangat umum terjadi pada manusia di bawah umur 40 tahun.

Jika pada kasus “diabetes tipe 1” tubuh tidak mampu memproduksi insulin, penderita diabetes dengan tipe 2 masih dapat memproduksi insulin di pankreas. Sayangnya, insulin yang mereka produksi tidak cukup untuk memecahkan semua karbohidrat yang tersedia. Permasalahan seperti ini dalam dunia medis dikenal sebagai “Insulin Resistance”, akibat Insulin Resistance ini karbohidrat hanya rusak sebagian tanpa menjadi glukosa yang sempurna. Umumnya penderita “diabetes tipe 2” ini adalah lansia yang berumur lebih dari 40 tahun, namun tak jarang ditemui juga penderita pada usia yang lebih muda dari itu, terutama mereka yang mengalami beberapa penyakit khusus.

Gejala-Gejala Penyakit diabetes
Setelah kita memahami apa itu penyakit diabetes, sekarang saatnya kita membahas gejala-gejala yang biasanya muncul pada seseorang yang terserang penyakit yang akrab disebut sebagi penyakit gula ini. Diantara gejala-gejala tersebut adalah sebagai berikut:

Poliuri
Pada kondisi ini penderita sering sekali mengalami buang air kecil dengan volume yang banyak, terutama pada malam hari. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah yang tidak bisa ditoleransi oleh ginjal, agar urin yang dikeluarkan tidak terlalu pekat, ginjal harus selalu membuang urin-urin tersebut.

Polidipsi
Polidipsi merupakan cara adaptasi tubuh ketika cairan terlalu banyak dikeluarkan oleh sistem ekresi. Hal ini menyababkan tubuh akan terus merasa haus, walaupun anda terus minum dan dalam cuaca yang dingin.

Polifagi
Polifagi adalah kondisi dimana penderita diabetes sering merasa lemas. Ketika insulin Anda bermasalah dan sel tubuh tidak bisa menyerap gula dengan baik. Maka tubuh tidak dapat mendapatkan energi yang cukup. Tak heran jika penderita diabetes terus merasa lapar walaupun baru aja makan.

Nah demikianlah informasi kesehatan tentang “Peyakit dan Gejala-gejala diabetes” yang telah kami bagikan. Jika anda atau keluarga anda ada yang mengalami gejala-gejala ini, hendaknya segera merencanakan diet karbohidrat dan berolahraga secara teratur. Terlepas dari itu, konsultasikalah penyakit anda kepada ahlinya, dalam hal ini yaitu dokter, semoga bermanfaat.

Artikel Ciri Gejala Penyakit Lainnya :

Scroll to top