5 Ciri Gejala Penyakit Amandel

5 Ciri Gejala Penyakit Amandel | Amandel atau biasa disebut tonsil merupakan salah satu organ yang terletak pada kedua ujung belakang lipatan mulut. Fungsi dari organ ini adalah memprotek tubuh dengan cara menfilter virus dan baktery yang mencoba masuk ketubuh melalui mulut dan hidung. 

Sedangkan penyakit amandel (tonsilitis) sendiri merupakan suatu kondisi dimana amandel mengalami peradangan akibat tidak mampunya amandel dalam menfilter virus dan bakteri yang datang, entah itu karena virus berjumlah yang sangat banyak atau memang daya imun anda tidak terlalu kuat untuk melakukan penfilteran tersebut. Akibatnya virus ini malah balik menginveksi yang kemudian terjadilah peradangan amandel. Contoh virus yang biasanya menyebabkan amandel adalah virus Epstein-Barr (virus yang menyebabkan mononucleosis), dan bakteri Streptococcus pyogenes (yang menyebabkan terjadinya radang tenggorokan).
5 Gejala Penyakit Amandel
5 Gejala Penyakit Amandel
Nah berbicara lebih lanjut tentang amandel dan permasalahannya, tentu kita juga dituntut untuk mengetahui gejala-gejala dari penyakit ini. Tujuannya agar kita lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap serangan penyakit ini, karena walaupun amandel termasuk penyakit ringan, namun tetap saja pada kondisi tertentu dapat membahayakan penderitanya. Pada kondisi tertentu pula penyakit ini dapat menyebabkan kanker, peradangan sistem pernafasan dan peradangan pada perut (usus/ lambung) akibat virus yang lolos dari penfilteran dan masuk lebih jauh ke organ dan sistem-sistem tubuh lainnya. Untuk pembahasan lebih lengkapnya silahkan simak informasinya dibawah ini:
Gejala penyakit Amandel (Peradangan Amandel) 

1. Bau Mulut
Bau mulut bisa jadi merupakan gejala awal seseorang terserang peradangan amandel. Saat mulut dan gigi jarang dibersihkan maka tempat tersebut akan menjadi rumah yang nyaman bagi virus dan kuman. Nah virus dan kuman inilah yang kemudian saling beraktivitas menghasilkan enzim dan zat-zat lain yang menyebabkan bau tak sedap pada mulut anda.

2. Radang Tenggorokan
Radang atau sakit tenggorokan juga menjadi hal yang perlu anda waspadai. Hal ini biasanya mengisyaratkan adanya infeksi ringan pada daerah tenggorokan dan amandel. Jika daya imun anda lemah dan amandel tidak cukup kuat untuk menfilter virus yang menginfeksi tersebut bukan tidak mungkin sesuatu yang lebih buruk akan terjadi. 

3. Pembengkakan amandel
Gejala ini merupakan tanda bahwa amandel telah positif terinfeksi virus. Biasanya ditandai dengan rasa sakit pada derah tenggorokan dan leher. Untuk memeriksanya anda bisa meraba daerah lehar bagian atas (dibawah mulut) biasanya akan ada semacam benjolan pada daerah ini. 

4. Sulit Menelan
Ini merupakan gejala tahap akut bagi seseorang yang terserang peradangan (penyakit) amandel. Sulit menelan umumnya terjadi akibat terjadinya pembengkakan pada daerah amandel, namun bisa juga karena luka akibat infeksi virus pada daerah sekitar amandel tersebut. Jika anda sudah pada kondisi ini sebaiknya segera bekonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan solusi terbaik.

5. Nyeri sendi dan Nafsu Makan berkurang
Untuk gejala nyeri sendi sebenarnya tidak semua penderita amandel yang mengalaminya. Umumnya mereka yang terserang virus-virus tertentu saja yang mengalami kondisi ini. Sedangkan berkurangnya nafsu makan bisa disebabkan oleh dua faktor, yang pertama karena penderita sulit menelan makanan (akibat pembengkakan amandel) namun ada juga yang disebabkan karena selera makan yang berkurang dengan tiba-tiba.

Demikian pembahasan kali ini tentang “Gejala-gejala penyakit Amandel”, seperti biasa tentunya jika anda atau ada orang terdekat dengan anda yang mengalami gejala-gejala ini sebaiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik. Karena bagaimanapun mencegah lebih baik dari pada mengobati, Sekian terimakasih.

Artikel Ciri Gejala Penyakit Lainnya :

Scroll to top