4 Ciri Gejala Penyakit Maag

4 Ciri Gejala-Gejala Penyakit Maag | Penyakit Maag atau gastritis merupakan sejenis permasalahan yang terjadi pada lambung. Penyebab utamanya adalah meningkatnya kadar asam pada lambung dalam kurun waktu yang lama sehingga menyebabkan pengikisan pada permukaan dinding lambung itu sendiri.

Kasus sakit maag acap kali ditemukan di lingkungan masyarakat, sayangnya paradigma masyarakat seringkali menganggap sepele penyakit ini, padahal jika dibiarkan tanpa ada penanganan yang baik, Penyakit Maag dapat membawa ke resiko yang lebih serius seperti lambung bocor atau bahkan kanker lambung.

Penyebab Sakit Maag
Penyebab utama sakit maag adalah meningkatnya kadar asam pada lambung. Walaupun pada dasarnya asam lambung difungsikan untuk memproses makanan, namun pada kasus maag, produksi asam yang berlebih ditambah pula terlalu sedikitnya makanan yang akan diproses membuat zat asam tersebut mengikis sendiri permukaan dinding lambung yang akhirnya menyebabkan luka dan tukak yang terasa perih/ sakit.

Sebenarnya ada dua faktor yang menyebabkan produksi asam pada lambung meningkat, yaitu faktor Eksternal dan Internal. Faktor Eksternal sendiri umumnya berasal dari makanan yang kita kosumsi, sedangkan faktor internalnya biasanya dari kondisi psikis tubuh. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas penyebab penyakit maag yang berasal dari faktor Eksternal terlebih dahulu :

Gejala Penyakit Maag
1. Kafein
Kafein merupakan zat penyebab sakit maag yang perlu diwaspadai. Seperti kita ketahui Kafein dapat membuat seseorang merasa tenang, tapi jika terlalu sering mengkosumsi zat ini, maka lambung dapat memproduksi asam yang berlebih yang tentunya akan beresiko Maag.

2. Gorengan
Penyebab sakit maag selanjutnya yang perlu diwaspadai adalah Gorengan. Sebagian besar gorengan mengandung lemak dan minyak jenuh yang cukup tinggi, hal ini dapat saja merangsang produksi asam lambung pada tubuh meningkat, sehingga lebih besar kemungkinan seseorang akan terserang maag apabila sering mengkosumsi makanan ini.

3. Soda dan Asam
Jenis makanan yang dapat menyebabkan sakit maag berikutnya adalah Soda dan Asam, Dua jenis makanan ini sangat kompeten dalam merangsang lambung untuk memproduksi asam secara berlebih. Selain itu, Soda dan Asam juga dapat menyebabkan rasa perih pada luka lambung.

Selain faktor Eksternal yang telah disebutkan diatas, faktor internal (psikis) berikut ini juga mampu membuat produksi asam lambung menjadi meningkat. Diantara faktor-faktor internal tersebut adalah.

1. Stres
2. Kurang tidur
3. Kelelehan, dan
4. Makan tidak tepat waktu

Nah demikian beberapa penyebab penyakit maag yang perlu anda waspadai, setelah anda menegtahui penyebab-penyebab diatas, sekarang saatnya kita membahas tentang gejala-gejala penyakit maag itu sendiri.

Gejala Penyakit Maag

1. Tinja bewarna hitam
Tinja (kotoran) bewarna coklat kehitam-hitaman merupakan salah satu pertanda bahwa ada yang tidak beres dengan lambung anda. Jika anda mengalai hal ini dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya segera mengkonsultasikannya dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan. Karena bisa jadi penyebab kotoran bewarna hitam tersebut adalah menumpuknya kadar asam pada lambung anda.

2. Nyeri pada perut sebelah kiri
Nyeri pada perut merupakan gejala paling umum yang sering dikeluhkan oleh penderita maag. nyeri ini biasanya terjadi didaerah perut bagian kiri sampai ke daerah dada. Penyebabnya adalah luka pada dinding lambung yang terus terus terkena zat asam. Untuk meminimalisirkannya, cobalah untuk tidak membiarkan perut anda dalam keadaan kosong.

3. Mual dan muntah
Gejala penyakit maag selanjutnya yang sering dialami oleh penderita maag adalah mual dan muntah. Rasa eneg dan tidak nyaman ini biasanya hadir saat asam lambung naik menuju tenggorokan. Untuk meminimalisirkannya minumlah obat/ sirup penetral asam lambung, anda dapat membelinya di apotik atau meminta resep ke dokter.

4. Muntah darah
Jika penderita maag mengalami gejala ini maka penyakit maag yang dideritanya bisa dibilang sudah dalam tahap akut. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya penderita segera dirujuk kerumah sakit guna mendapatkan petolongan maksimal oleh tim medis.

Nah, demikianlah informasi kesehatan yang telah kami bagikan dengan judul “Gejala-Gejala Penyakit Maag”, untuk mengantisipasi hal-hal buruk, sebaiknya segeralah ke dokter jika anda atau saudara anda ada yang mengalami gejala-gejala tersebut, sekian terimakasih.

Artikel Ciri Gejala Penyakit Lainnya :

Scroll to top