Gejala Penyakit Kanker Usus Besar

Gejala Penyakit Kanker Usus Besar
Gejala Penyakit Kanker Usus Besar | Hampir semua organ tubuh kita bisa terkena kanker, termasuk organ pencernaan kita yaitu usus besar. Kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya, apalagi kalau sudah mencapai stadium lanjut. Minimnya pengetahuan tentang bahaya dan gejala kanker membuat penyakit kanker yang diderita sudah dalam stadium akhir. Penyakit kanker yang akan dibahas disini yaitu kanker usus. Sebenarnya ada 2 jenis penyakit kanker usus yaitu kanker usus besar dan kanker usus halus. Tetapi kanker yang sering terjadi adalah kanker usus besar.
gejala-penyakit-kanker-usus-besar
Gejala Penyakit Kanker Usus Besar
Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel dalam tubuh yang abnormal. Kanker usus besar berarti adanya pertumbuhan sel-sel yang abnormal di dalam usus besar atau pada bagian permukaan usus besar (rektum). Kanker usus besar (colon cancer) merupakan jenis kanker yang tidak mudah terlihat, tidak seperti kanker pada organ luar yang langsung terlihat oleh mata. Oleh karena itu kita harus mengetahui ciri-ciri dan gejala kanker usus besar.

Penyebab
Banyak kanker usus besar yang diketahui berasal dari polip adenoma pada usus dan penumpukan tinja akibat konstipasi yang terlalau lama. Perkembangan poloip tersebut kadang-kadang menjadi kanker. 80 % kanker usus besar berasal dari terjadinya polip adenoma (adenomatus polip).

Ciri Gejala Penyakit Kanker Usus Besar
Untuk ciri-ciri dan gejala kanker usus besar belum diteliti secara pasti karena tiap orang akan mengalami gejala yang berbeda tergantung sudah berapa lama penyakit bersarang dalam tubuh penderita. berikut ciri gejala penyakit kanker usus besar yang dapat kita amati:

  • Diarah Pada Feses Ini adalah gejala utama pada kanker usus. Selain adanya darah pada feses biasanya tekstur tinja juga berubah menjadi lebih panjang dan tipis.
  • Masalah Buang Air Besar Diare, sembelit menjadi sebab jadwal buang air besar bermasalah. Jangan sepelekan kondisi tersebut jika mengalaminya disertai dengan gejala kanker usus lainnya.
  • Perut Tidak Nyaman Perut masih terasa penuh meskipun sudah buang air besar. dan kerap kali merasakan sakit dan inflamasi. Perasaaan tidak nyaman tersebut diduga berasal dari sel kanker yang menyerang tubuh.
  • Penurunan Berat Badan Penderita akan mengalami penurunan berat badan secara drastis tanpa sebab yang jelas. Padahal penderita tidak sedang menjalani program diet.
  • Obesitas Pada orang yang menderita obesitas biasanya perut akan membuncit ketika terserang kanker usus. Karenanya turunkan berat badan karena obesitas disebut sebagai salah satu faktor resiko terkena kanker usus. 

Kebanyakan penderita kanker usus besar pada tahap awal tidak menngalami gejala apapun. ketika gejala kanker usus besar muncul stadium kanker mungkin akan bervariasi tergantung pada ukukran dan lokasinya.

Pencegahan dan Penanganan
Agar terhindar dari penyakit kanker usus besar hal yang paling utama yang harus dilakukkan adalah dengan mengkonsusmsi makanan berserat tinggi. Karena makanan berserat tinggi sangat baik untuk menghilangkan berbagai racun yang ada dalam usus sehingga resiko timbullnya sel-sel abnormal dapat dihindari.
Apabila Anda sudah positif terkena kanker usus besar pengobatan yang dapat dilakukan yaitu dengan pembedahan. Pembedahan yang dapat dilakukan yaitu:

  • Operasi Lokal dan Polipectomi, ini dilakukan jika penyakit kanker usus besar masih dalam stadium awal.
  • Bedah Usus, apabila penderita sudah masuk stadium awal dan pada tindakan operasi dilakukan penyayatan pada perut kemudian usus besar yang terkena kanker dibuang kemudian disambung lagi.
  • Reseksi dan Kolostomi
    Reseksi dan Kolostomi yang dilakukan setelah pembedahan yang dilakukan untuk proses penyembuhan.

Itulah beberapa ciri dan gejala serta pencegahan dan pengobatan kanker usus besar yang dapat diuraikan. Jika merasa belum yakin segera hubungi dokter Anda untuk diagnosa yang lebih tepat.



Artikel Ciri Gejala Penyakit Lainnya :

Scroll to top