Gejala Penyakit Campak

Gejala Penyakit Campak
Gejala Penyakit Campak | Mungkin ada sebagian orang yang bertanya-tanya bagaimana cara mengobati penyakit campak pada anak dan orang dewasa. Berikut akan kami uraikan beberapa gejala dan pengobatan dari penyakit campak tersebut.
gejala-penyaki-campak.jpg
Gejala Penyakit Campak
Penyebab
Penyakit campak merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus campak golongan Paramixovirus. Penyakit ini akan memunculkan ruam diseluruh tubuh dan sangat menular. Penularan campak terjadi melalui percikan ludah dari hidung, mulut maupun tenggorokan penderita campak. Masa inkubasi penyakit ini adalah 10-14 hari sebelum gejala muncul. Campak biasanya menyerang bayi yang tidak mendapatkan imunisasi,anak dibawah usia 5 tahun, orang dewasa yang belum mendapatkan imunisasi kedua. Biasanya orang yang sudah pernah menderita campak maka seumur hidupnya akan kebal terhadap penyakit campak. 

Gejala Penyakit Campak
Gejala penyakit ini mulai timbul dalam waktu 7-14 hari setelah infeksi berupa batuk, pilek, nyeri tenggorokan, suhu badan meningkat dan mata merah. Setelah 2-4 hari kemudian akan muncul bintik putih kecil di bagian dalam mulut. Setelah 3-5 hari timbul ruam berbentuk makula maupun papula. Awalnya ruam tampak di wajah namun dalam waktu 1-2 hari ruam menyebar ke seluruh tubuh. Saat ruam menyebar ke seluruh tubuh biasanya di ikuti dengan kenaikan suhu tubuh yang mencapai 40 derajat celcius. 3-5 hari kemudian suhu tubuh penderita berangsur-angsur turun, penderita mulai merasa baik dan ruam yang tersisa segera menghilang.
Pada anak dengan gizi baik dan sehat campak jarang berakibat serius.    
 
Pengobatan
Untuk penyakit campak tidak ada pengobatan khusus. Biasanya penderita diharuskan menjalani istirahat. untuk menurunkan demam diberikan asetaminofen atau ibuprofen. Kalau terjadi infeksi bakteri diberikan antibiotik.
 
Pencegahan
Untuk mencegah penyakit campak biasanya bayi dan anak-anak berumr di bawah 5 tahun diberikan imunisasi campak secara berkala yang disuntikan pada otot paha atau lengan atas.
Demikian uriaian mengenai gejala penyakit campak, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.

Artikel Ciri Gejala Penyakit Lainnya :

Scroll to top