Ciri Gejala Penyakit Batu Empedu

Ciri Gejala Penyakit Batu Empedu
Ciri Gejala Penyakit Batu Empedu | Empedu adalah salah satu organ tubuh yang terletak dibawah organ hati yang berfungsi untuk menghancurkan lemak yang ada pada kolesterol. Karena fungsinya empedu sering disebut kantung empedu. Empedu terbuat dari garam empedu, billirubin dan kolesterol. Jika sudah terjadi infeksi pada kantung empedu maka penyakit batu empedu akan menyerang. Seringkali penyakit batu empedu menyerang wanita yang memiliki tubuh gemuk. Umumnya orang yang bertubuh gemuk garam empedu darahnya menurun sehingga kolesterol dalam empedunya naik. Kondisi ini yang dianggap menjadi penyebab terjadinya batu empedu.
ciri-gejala-penyakit-batu-empedu
Ciri Gejala Penyakit Batu Empedu
Penyebab Batu Empedu 
Batu empedu adalah suatu bentuk padatan yang terdapat dalam kantung atau saluran empedu. Penyebab utama munculnya batu empedu adalah akibat dari jumlah kolesterol dan billirubin yang berlebihan sehingga akan menyebabkan terjadinya pengkristalan sehingga membentuk batu.  Hampir 80% batu empedu berbahan dasar kolesterol dan 20% berbahan billirubin. Dari banyaknya kasus penyakit batu empedu sebagian besar berawal dari pola hidup yang tidak sehat yakni pola asupan makanan yang banyak mengandung lemak tak jenuh dan kolesterol. Bila pola makan tersebut dibiarkan maka batu empedu akan semakin membesar dan menimbulkan komplikasi penyakit lainya.
Gejala Penyakit Batu Empedu
Umumnya batu empedu tidak menimbulkan penyakit. Gejala akan muncul jika batu ini menyumbat saluran kantong empedu atau saluran pencernan lainnya. Seseorang yang terkena penyakit batu empedu (gallstone) biasanya tidak merasakan gejala apapun pada tahap awal terbentuknya batu empedu. Batu empedu yang berada dalam saluran empedu lama kelamaan akan membesar baru kemudian terasa gejala sakit perut yang datang tiba-tiba atau disebut kolik bilier.Rasa sakit ini terjadi pada beberapa bagian perut diantaranya bagian tengah perut atau di atas, dan kanan perut yang kemudian menyebar ke tulang belikat. Jika batu empedu menyebabkan penyumbatan pada saluran pencernaan lainnya gejala yang timbul dapat berupa sakit perut yang terus menerus, demam tinggi, sakit kuning, detak jantung cepat, gatal pada kulit mual dan muntah serta kehilangan nafsu makan.
Penting bagi kita untuk mewaspadai kolik bilier yang terjadi meskipun gejalanya terasa sepele dan tidak konsisten. Segera periksakan diri Anda apabila mengalami sakit perut hebat yang berlangsung lebih dari 8 jam.
Komplikasi Batu Empedu
Apabila batu empedu menyebabkan penyumbatan pada saluran empedu dan berpindah ke dalam sistem pencernaan akan menyebabkan komplikasi yang serius.
  • Radang Kantong Empedu Akut
    Radang kantong empedu atau kolesistisis akut terjadi saat cairan empedu menumpak dalam kantong empedu karena tersumbat oleh batu empedu sehingga cairan empedu tidak bisa keluar.
  • Abses Kantong Empedu
    Akibat infeksi parah pada kantong empedu akan menyebabkan adanya timbunan nanah. Jika ini terjadi penanganan dengan antibiotik saja tidak akan cukup karena nanah tersebut harus dikeluarkan
  • Peritonitis
    Peritonitis adalah inflamasi pada lapisan perut sebelah dalam (peritoneum) akibat pecahnya kantong empedu yang mengalmi peradangan. Penanganannya meliputi infus antibiotik dan operasi untuk mengangkat bagian peritoneum yang menglami kerusakan parah.
  • Penyumbatan Saluran Empedu
  • Pankreatitis Akut
    Pankreatitis terjadi apabila batu empedu keluar dan menyumbat saluran pankreas. Peradangan pankreas akan menyebabkan sakit yang luar biasa pada bagian tengah perut.
  • Penyumbatan Saluran Empedu
    Tersumbatnya saluran empedu akan mengakibatkan saluran ini rentan terhadap serangan bakteri penyebab infeksi.
  • Kanker Kantong Empedu
    Penderita batu empedu akan memiliki resiko terkena kanker kantong empedu walaupun kemungkinn terjadinya sangat jarang.
Penanganan Batu Empedu
Jka gejala yang terjadi sangat parah maka kemungkinan kantong empedu harus diangkat melalui operasi kolesitektomi laparoskopik atau kolesistektomi dengan sayatan terbuka.
Pencegahan Batu Empedu
Penyakit batu empedu dapt dicegah dengan mengubah pola makan dan menurunkan berat badan bagi mereka yang mengalami obesitas. Selain itu hindari mengkonsumsi minuman keras.

Artikel Ciri Gejala Penyakit Lainnya :

Scroll to top