Gejala Penyakit Bronkitis

Gejala Penyakit Bronkitis
Gejala Penyakit Bronkitis | Kata bronkitis mungkin tidak asing lagi di telinga Anda. Salah satu teman atau kerabat mungkin pernah menderita penyakit yang menjangkiti saluran pernapasan. Gejala penyakit bronkitis seringkali tertukar dengan gajala penyakit saluran pernapasan lainnya. Karena memang kebanyakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan memiliki gejala serupa. Sehingga masih banyak orang yang keliru mengenali gejala-gejala penyakit ini.

gejala-penyakit-bronkitis
Gejala Penyakit Bronkitis

Penyakit bronkitis terjadi ketika adanya peradangan pada cabang tenggorok (bronchus) yang bersifat patologis dan menahun. Peradangan terjadi karena adanya infeksi virus, bakteri atau organisme yang menyerupai bakteri (micoplasma pneumoniae dan chlamydia) di saluan bronkus. Bronkus merupakan saluran pernapasan utama yang mengalirkan udara dari hidung ke paru-paru. Penyakit ini biasanya bersifat ringan dan akan sembuh sempurna. Tetapi pada penderita yang memiliki penyakit jantung atau paru-paru bronkitis bisa bersifat serius. Serangan bronkitis bisa terjadi pada perokok dan penderita penyakit paru-paru dan saluran pernapasan menahun. Infeksi bronkus muncul setelah infeksi lain terjadi seperti batuk, pilek, dan infeksi saluran pernapasan.

Berikut adalah gejala penyakit bronkitis:
  • Batuk berdahak
    Batuk merupakan gejala bronkitis yang paling umum. Batuk yang muncul diawali dengan batuk kering, setelah 1-2 hari berubah menjadi batuk berdahak yang membawa lendir ke paru-paru. Dahak yang muncul biasanya berwarna kuning kehijauan, hijau, bening atau putih. Pada bronkitis kronis dahak yang keluar berwarna kemerahan.
  • Demam ringan
    Demam biasanya hanya meningkatkan suhu tubuh hingga 38 derajat. Gejala yang satu ini merupakan salah satu gejala kunci, karena gejala ini yang membedakan penyakit bronkitis dengan pneumonia. Waspadalah jika suhu tubuh lebih dari 38 derajat. Karena demam dengan suhu badan yang tinggi dapat mengindikasikan pneumonia.
  • Sesak napas ketika melakukan olah raga atau aktivitas ringan
  • Sering menderita infekdi pernapasan (misalnya flu)
  • Bengek (napas mengeluarkan bunyi mengi)
  • Pembengkakan pergelangan kaki, kaki dan tungkai kiri dan kanan
  • Wajah, telapak tangan atau selaput lender yang berwarna kemerahan
  • Pipi tampak kemerahan
  • Gangguan penglihatan
  • Sakit kepala
Diagnosis penyakit ini biasanya berdasarkan gejala terutama dari adanya lendir. Pemeriksaan dengan menggunakan stetoskop akan terdengar bunyi ronki atau bunyi pernapasan abnormal. Pemeriksaan lainnya yang bisa dilakukan dengan tes fungsi paru-paru, gas darah arteri, dan rontgen dada.

Pengobatan biasanya dilakukan untuk mengurangi demam dan rasa sakit tidak enak badan kepada penderita dewasa bisa diberikan aspirin atau acetaminophen. Untuk anak-anak sebaiknya hanya diberikan acetaminophen. Dianjurkan untuk beristirahat dan minum banyak cairan. Meski penyakit ini bisa diatasi, namun alangkah baiknya Anda mencegah terjadinya penyakit ini. Salah satu cara termudah adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun dan menerapkan pola makan dan pola hidup sehat. Mencuci tangan akan mengurangi Anda terinfeksi oleh bakteri atau virus berbahaya. Kebiasaan sederhana tersebut akan membantu Anda terhindar dari kondisi yang tidak menyenangkan.

Artikel Ciri Gejala Penyakit Lainnya :

Scroll to top