6 Ciri Gejala Penyakit Kanker Payadura

6 Gejala Penyakit Kanker Payadura | Kanker payudara merupakan salah satu jenis permasalahan (kelainan) yang disebabkan oleh pertumbuhan abnormal sel yang terjadi pada sekitar jaringan payudara. Sel-sel yang biasa disebut tumor ganas (kanker) ini biasanya muncul pada saluran (lobula) yang terdapat pada jaringan payudara. Jenis penyakit ini umumya menyerang kaum hawa, namun beberapa kasus juga terjadi pada kaum pria walaupun kemungkinannya hanya berkisar 1 di antara 1000 Orang.

Menurut sebuah survei, kanker payudara merupakan penyebab kematian nomor dua bagi kaum wanita setelah stroke atau gagal jantung. Resiko teserang kanker payudara meningkat 30% seiring bertambahnya usia. Di Singapura saja misalnya, 1 dari 16 wanita akan didiagnosa mengidap permasalahan ini dalam masa hidupnya. Kasus tertingginya biasa terjadi pada usia separuh baya (usia 55 sampai 59).

Untuk penyebabnya sendiri kanker ini memang belum bisa sepenuhnya dipastikan, namun Faktor Penyebab kanker payudara dapat kita telusuri dari beberapa hal berikut, seperti; siklus menstruasi dini, sejarah keluarga yang pernah mengidap kanker, faktor hormon (baik estrogen maupun androgen) atau kemungkinan faktor makanan tidak sehat yang anda kosumsi sehari-hari, (junkfood, alcohol, rokok atau lain sebagainya).

Gejala penyakit kanker payadura
Gejala penyakit kanker payadura
Nah, berbicara tentang faktor Penyebab kanker payudara, tentunya kita juga akan membahas tentang gejala-gejalanya, tujuannya agar anda bisa lebih memahami dan juga lebih mewaspadai terhadap serangan penyakit ini. Berikut beberapa gejala kanker payudara yang umum dialami oleh penderitanya.

1. Adanya benjolan di Payudara
Adanya benjolan pada payudara merupakan gejala paling sering ditemukan pada saat seseorang diindikasikan terserang kanker ini. Bentuk dari benjolan ini beragam, namun umumnya seperti bola kecil (gundu) pada payudara yang terasa keras saat diraba oleh tangan.

2. Perubahan bentuk dan ukuran payudara.
Gejala selanjutnya saat seseorang terserang kanker payudara adalah terjadinya perubahan pada ukuran payudaranya. Perubahan ini terjadi karena adanya pengaruh hormon pada lobula yang merangsang payudara untuk tumbuh besar atu bahkan mengecil.

3. Luka di sekitar puting yang sulit sembuh
Jika pada puting payudara anda ada luka yang kemudian sulit sekali sembuh, maka anda sebaiknya waspada, karena bisa jadi ada yang tidak beres dengan kesehatan payudara anda. Biasanya luka ini akan terus berair atau bernanah , tidak itu saja beberapa kasus juga ditemukan perubahan pada puting susu, seperti gatal, rasa terbakar (panas), dan kadang kala tertarik ke dalam (retraksi).

4. Air susu tidak lancar
Gejala ini akan sangat kentara jika yang mengalaminya adalah ibu yang sedang menyusui. Umumnya air susu pada penderita kanker payudara tidak bisa bereproduksi secara maksimal akibat tumbihnya sel. Pada beberapa kasus malah dijumpai puting susu yang mengeluarkan darah bercampur nanah

5. Nyeri tulang dan pembengkakan
Pada kasus kanker payudara stadium lanjut, biasanya penderita akan mengalami nyeri tulang, pembengkakan dan ulserasi kulit. Pada tahap ini kanker telah berhasil menyebar

Nah demikianlah postingan kali ini tentang “Gejala penyakit kanker payudara” Jika anda atau ada orang terdekat dengan anda yang mengalami gejala-gejala diatas, sebaiknya segeralah mengkonsultasikannya kedokter, karena bisa jadi penyakit ini sedang mengintai anda. Jika memang didiagnosa positif, sebaiknya segera lakukanlah tindakan medis lebih lanjut agar kanker anda tidak menyebar ke organ-organ lainnya. Sekian terimakasih.

Artikel Ciri Gejala Penyakit Lainnya :

Scroll to top