4 Ciri Gejala Penyakit Hernia

Gejala Penyakit Hernia | Penyakit hernia atau yang lebih dikenal dengan turun berok merupakan salah satu jenis penyakit yang umumnya diderita oleh kaum lelaki. Jenis penyakit ini ditandai dengan penonjolan yang terjadi pada viskus (buah dzakar) melalui suatu lubang yang ada di dalam kavitas letak dimana visera berada. Biasanya tempat yang menjadi sarang dari hernia ini terletak pada lipat paha, umbilukus, pada linea alba, garis semilunaris dari Spiegel, diafragma, dan juga insisi bedah.

Kata hernia sendiri berasal bahasa Latin “herniae”, yaitu menonjolnya isi suatu rongga melalui jaringan ikat tipis yang lemah pada dinding rongga. Dinding rongga yang lemah itu membentuk suatu kantong dengan pintu berupa cincin. Gangguan ini sering terjadi di daerah perut dengan isi yang keluar berupa bagian dari usus. Sedangkan untuk penyebab umumnya sendiri , Penyakit Hernia ini terjadi ketika lapisan otot pada daerah perut mengalami pelemahan, akibatnya ada otot dan lemak yang jatuh dan membentuk tonjolan pada organ lain yang tidak seharusnya.

Gejala-Gejala Henyakit Hernia
Gejala-Gejala Henyakit Hernia
Penyakit hernia banyak diderita oleh kaum pria dewasa yang umumnya pekerja lapangan berat, Sedangkan hernia yang terjadi pada anak-anak, lebih disebabkan karena kurang sempurnanya procesus vaginalis untuk menutup seiring dengan turunnya testis atau buah dzakar. Nah untuk lebih lengkapnya berikut kami bagikan juga tentang pembagian penyakit hernia, penyebab dan gejala-gejala dari penyakit ini:

Pembagian penyakit hernia (bedasarkan sifat);
1. reponibel : yaitu kondisi dimana isi hernia dapat keluar masuk dalam waktu yang singkat.
2. incarserata : terdapat tanda obstruktif, sperti tidak bisa buang air besar, tidak bisa buang angin dan terdapat nyeri
3. hernia irreponibel ; sebuah kondisi dimana isi kantung hernia tidak dapat dikembalikan ke dalam rongga
4. strangulata : kondisi dimana terjadinya penyempitan pembuluh darah
5. hernia akreta : jika tidak ada keluhan rasa nyeri ataupun tanda sumbatan usus akibat perlekatan tersebut.

Untuk penyebabnya, biasanya penyakit ini disebabkan oleh bebrapa faktor, diantaranya:
1. Peningkatan tekanan di dalam perut.
2. Adanya titik lemah yang ada di dinding perut.
3. Kombinasi dari kedua gejala tersebut.
4. Adanya cairan berlebih didalam perut.
5. Batuk atau bersin terlalu keras.
6. Mengejan berlebihan saat buang air.
7. Mengangkat beban berat.
8. Kelebihan berat badan.

Sedangkan untuk gejalanya sendiri, umumnya penderita hernia sering mengeluhkan beberapa hal seperti dibawah ini:

1. Adanya tonjolan (seperti lemak) di pangkal paha.
Seperi yang telah dibahas diatas, tonjolan pada pangkal paha dan buah dzakar terjadi akibat adanya lemak dan usus yang turun. Umumnya bentuk dari tonjolan ini terasa lembut dan sakit saat disentuh.

2. Rasa terbakar dan nyeri di sekitar tonjolan.
Karena terletak tidak pada tempatnya, usus yang turun tentunya akan menimbulkan sensasi sakit pada penderita. Rasa sakit itu biasanya terasa seperi rasa terbakar dan nyeri pada sekitar tonjolan.

3. Tidak nyaman di pangkal paha dan buah dzakar.
Masih tentang tonjolan, adanya tonjolan yang terus membesar pada bagian pangkal paha dan buah dzakar maka akan timbul rasa tidak nyaman pada kedua organ tersebut, apalagi pada saat membungkuk atau sedang mengangkat beban.

4. Adanya sensasi berat atau menyeret di pangkal paha.
Sebenarnya sensasi ini hadir karena rasa sakit yang terus terjadi pada daerah pangkal paha dan buah dzakar, rasa sakit yang tidak kunjung reda ini menyebabkan seperti ada sesuatu yang menyeret ke pangkal paha penderita.

Nah demikianlah postingan kali ini tentang “Gejala-gejala Penyakit Hernia”. Oh ya, pada umumnya pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan operasi, dengan tujuan memasukan kembali organ dalam perut yang keluar serta menempatkannya seperti semula. Untuk itu, jika anda atau keluarga anda ada yang mengalami kondisi ini sebaiknya segeralah menemui dokter anda untuk secepatnya mendapatkan perawatan lebi lanjut. Sekian terimakasih.

Artikel Ciri Gejala Penyakit Lainnya :

Scroll to top