6 Ciri Gejala Penyakit Kanker Serviks

Gejala kanker serviks | Kanker serviks atau biasa disebut kanker mulut rahim adalah salah satu penyakit kanker yang paling ditakuti kaum wanita. Berdasarkan data yang dihimpun dari WHO (badan PBB), tercatat setiap tahun ada sekitar 10 ribu wanita yang meninggal dunia akibat penyakit ini. Penyakit Kanker Serviks biasanya menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk daerah Rahim ( bagian yang sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan Rahim).

Penyebab kanker Serviks
Menurut para pakar medis, penyebab utama Penyakit Kangker Rahim (serviks) adalah infeksi “Human papilloma Virus” (HPV). Ada beberapa type dari virus ini, tapi yang paling berbahaya dan banyak menyebabkan kematian adalah virus jenis 16 dan 18. Virus ini sangat mudah menyebar dan berpindah, baik melalui cairan, kulit atau bahkan penggunaan Water Closet (WC) umum yang tidak terjaga kebersihannya.

Tidak itu saja, kebiasaan dan pola hidup yang kurang sehat juga bisa menyebabkan seseorang terjangkit kanker serviks. Seperti kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol, merokok, atau karena kurangnya asupan asam folat dan vitamin C dan E.

6 Gejala Kanker Serviks
6 Gejala Kanker Serviks
Beberapa kebiasaan buruk lainnya yang juga dapat menyebabkan seseorang terserang kanker serviks adalah seringnya melakukan hubungan badan dengan berganti-ganti pasangan, melakukan hubungan badan (intim) dengan pria yang sering berganti pasangan dan melakukan hubungan intim pada usia dini (dibawah 17 tahun) dapat meningkatkan resiko kanker serviks hingga empat kali lipat, faktor lainnya adalah adanya keturunan kanker, terlalu sering melahirkan dan penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang cukup lama.

Gejala-Gejala Kanker Serviks
Nah setelah kita mengetahui pengertian dan penyebab penyakit kanker serviks diatas, seperti judul postingan kali ini sekarang saatnya kita membahas pula ciri dan gejala kanker serviks yang perlu anda waspadai.

1. Nyeri panggul
Jika pinggul anda terus mengalai rasa nyeri pada waktu yang lama dan nyeri tersebut tidak berhubungan dengan menstruasi, atau aktivitas fisik lainnya bisa jadi iu adalah gejala awal kanker serviks. Untuk itu waspadalah, segeralah konsultasikan hal ini kepada ahlinya, dalam hal ini adalah dokter.

2. Keputihan
Ketika Anda mengamati bahwa Anda memiliki keputihan yang tidak biasa atau terlalu sering, bisa jadi ada yang tidak beres dengan dinding rahim anda. Langkah terbaiknya sama seperti diatas, yaitu menemui dokter anda untuk berkonsultasi tentang permasalahan yang sedang anda hadapi.

3. Kemaluan sering mengalami pendarahan
Nah yang ini adalah gejala yang paling umum yang sering dialami oleh penderita kanker serviks, sebaiknya anda (para wanita) harus menyadari beberapa hal seperti masa menstruasi, pendarahan setelah hubungan seksual, dan bercak-bercak pada periode menstruasi. Sebuah perdarahan vagina yang abnormal dan tanpa alas an bisa jadi itu adalah kanker serviks

4. Kesulitan dalam buang air kecil
Kesulitan saat buang air kecil bisa jadi disebabkan karena ISK (Infeksi Saluran Kemih) tetapi untuk memastikan, lebih baik anda memeriksanya dirumah sakit, jika memang benar, sebaiknya segeralah mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

5. Peningkatan frekuensi kencing
Sebenarnya ada beberapa jenis penyakit yang mempunyai gejala meningkatnya gejala buang air kecil, diantaranya batu ginjal dan penyakit gula (deabetes). Untuk itu cobalah periksa ke dokter dan tanyakan apakah kondisi anda baik-baik saja, atau ada permasalahan dengan dinding rahim anda.

6. Nyeri selama hubungan seksual
Nyeri selama hubungan seksual adalah hal yang biasa jika anda baru pertama dalam hal ini (pasangan baru menikah). Namun jika rasa sakit anda muncul dalam jangka waktu yang lama tanpa anda tahu sebabnya mungkit itu adalah salah satu gejala kanker serviks, sebaiknya segeralah lakukan pemeriksaan.

Nah demikaianlah postingan ali ini tentang “Gejala Kanker Serviks”, jika anda atau ada kenalan anda yang mengalami gejala diatas sebaiknya jangan sungkan untuk berkunjung ke dokter dan menanyakan permasalahan anda, bukankah lebih baik periksa dan tahu bahwa anda baik-baik saja dari pada anda diam dan penyakit anda semakin parah bukan? Semoga bermanfaat, terimakasih.

Artikel Ciri Gejala Penyakit Lainnya :

Scroll to top